Cara Menyimpan Hasil Terjemahan Dokumen Google Translate

Cara Menyimpan Hasil Terjemahan Dokumen Google Translate – Halo sobat kumplus! Beberapa dari kita pasti ada yang kurang fasih dalam berbahasa ingggris, baik dalam tulis, baca dan berbicara. Hal tersebut terjadi akibat beberapa faktor, yang paling sering terdengar sih, faktor belajar bahasa inggris itu sulit, ya kanhehe kita sama.

Meski belajar bahasa inggris itu sulit, sebaiknya kita pelajari sedikit demi sedikit, karna, kedepannya bahasa inggris akan sangat diperlukan. Apalagi, saat ini kita sudah menghadapi era Globalisasi, era dimana semua berlomba-lomba dalam membangun infrastruktur dan teknologi yang paling maju.

Bagi kalian yang meresa sudah sedikit terlambat untuk belajar bahasa inggris, tenang saja, semua pasti ada solusi. Di era modern ini, meskipun kita tidak fasih dan tidak bisa berbahasa inggris, ada sebuah teknologi yang sangat membantu untuk menyelesaikan masalah ini, nama teknologi tersebut adalah Google Translate.

Pengertian Google Translate

Google Translate adalah sebuah teknologi untuk menerjemahkan suatu bahasa ke bahasa lainnya. Google Translate merupakan teknologi yang diciptakan oleh sebuah perusahaan raksasa yang bernama Google. Dari namanya saja, kita pasti sudah mengetahui siapa pencipta teknologi ini, karna di masa ini, hampir semua orang sudah mengenal google.

Baca juga: Cara Mendaftarkan Website Di Histats Terbaru

Layanan ini bisa diakses melalui website maupun melalui smartphone (mobile) yang kaian miliki. Jika ingin mengaksesnya melalui PC, cukup ketikkan Google translate pada kolom URL. Untuk Mobile, ada 2 (dua) cara untuk mengakses layanan ini, pertama, melalui Aplikasi Google Terjemahan yang ada di Playstore. Kedua, melalui browser seperti yang ada di PC.

Untuk cara yang pertama, sebelum menggunakan aplikasi tersebut, kalian harus terlebih dahulu mengunduhnya di playstore. Untuk Cara yang ke-dua, cara ini tidak dianjurkan, sebab, hanya akan memperlambat proses terjemahan, karena lewat aplikasi, semua sudah sangat mudah. Kecuali, kalian tidak memiliki paket data (kuota internet) untuk mengunduh aplikasinya, maka cara yang kedua diwajarkan saja.

Cara Menyimpan Hasil Terjemahan Dokumen Yang Sudah Ditranslate

Meskipun Google translate sudah terlihat powerfull, namun dia masih memiliki beberapa kekurangan, diantaranya batasan karakter untuk diterjemahkan. Google translate hanya bisa menerjemahkan maksimal 5000 karakter (5000 huruf), entah apa alasannya Google translate hanya bisa menerjemahkan sebanyak itu, saya juga tidak tau.

Baca juga: Perbedaan Google Ads (Adwords) dan Google Adsense

Lalu, bagaimana solusi jika ingin menerjemahkan lebih dari 5000 kata di Google translate? Tenang saja, layanan ini mempunyai fitur untuk menerjemahkan dokumen. Kalian bisa copy paste ke Microsoft Word terlebih dahulu, kemudian translate melalui fitur translate dokumen. Trus bagaimana menyimpan hasil dokumen yang di translate tadi? Disitu tidak terlihat ada tombol save?

Tenang, kan sudah saya bilang, setiap permasalahan pasti ada solusinya. Untuk lebih jelasnya, ikuti torurial dibawah ini

  1. Buka web browser yang biasa kalian pakai, kemudian ketik di kolom URL “Google Translate”
  2. Terlihat ada beberapa tombol disitu, yaitu tombol “Text” dan tombol “Documents“. PIlih tombol Documents
    Cara Menyimpan Hasil Terjemahan Dokumen Google Translate
  3. Setelah itu, akan muncul menu baru, pilih “Browse your computer
    Cara Menyimpan Hasil Terjemahan Dokumen Google Translate
  4. Akan muncul sebuah pop-up, cari dokumen yang ingin ditranslate, kemudian klik Open
    Cara Menyimpan Hasil Terjemahan Dokumen Google Translate
  5. Tunggu hingga proses upload selesai. Jika sudah selesai, klik tombol Translate yang berada di bawah kanan menu
    Cara Menyimpan Hasil Terjemahan Dokumen Google Translate
  6. Tunggu hingga Google Translate menyelesaikan terjemahannya. Ketika sudah selesai, tampilan baru akan muncul, dimana ini adalah hasil translate dokumen tadi. Terlihat Didalam page ini, tidak terlihat sama sekali tombol untuk save(simpan), bahkan beberapa gambar tidak ikut diterjemahkan, sehingga tampilan sedikit membingungkan.
    Cara Menyimpan Hasil Terjemahan Dokumen Google Translate
  7. Untuk solusi tidak bisa menyimpan hasil terjemahan Google Translate, kalian tinggal klik kanan pada page itu, kemudian pilih tombol Cetak(print).
    Cara Menyimpan Hasil Terjemahan Dokumen Google Translate
  8. Jendela pop-up baru akan muncul, saran saya, pilih format “simpan sebagai PDF“, supaya lebih mudah untuk dibaca. Dan jika ingin mengubahnya ke format doc(word), kalian tinggal mengkonvertnya secara online
    Cara Menyimpan Hasil Terjemahan Dokumen Google Translate
  9. Pilih tempat terbaik dimana kalian ingin menyimpan hasil terjemahan tersebut, kemudian klik save
    Cara Menyimpan Hasil Terjemahan Dokumen Google Translate
Default image
Aziz Batubara
Seorang yang belajar menjadi Web Developer, Android Developer, SEO, dan Blogger

8 Comments

  1. Good job 👍
    Thanks infonya

  2. terima kasih banyak sangat membantu!

  3. Terima Kasih info nya, sangat membantu…

  4. Great goods from you, man. I have understand your stuff previous
    to and you’re simply too wonderful. I actually like what you have acquired here,
    certainly like what you’re stating and the way in which by
    which you are saying it. You make it entertaining and you continue to take
    care of to keep it sensible. I cant wait to learn far more from you.

    This is actually a wonderful website.

    • Hi friends, glad to help you.
      Thank you for reading my article. I am very touched to read your comments.

      Forgive my English if it’s too difficult to understand. I’m bad at it

Leave a Reply