Perbedaan Google Ads (AdWords) dan Google Adsense

Perbedaan Google Ads (Adwords) dan Google Adsense – Halo sobat kumplus! Beberapa hari yang lalu, ada beberapa orang yang bertanya kepada saya tentang cara mendapat uang dari Google dan cara mendaftar Google Adsense. Mereka sudah membuka Official web dan mencoba daftar sendiri, namun stuck, karena diminta NPWP saat proses pendaftaran. “Loh, kok minta NPWP sih?” Setelah ditelusuri, ternyata mereka mendaftarkan akun Google Ads. Ya pantesan lah minta NPWP, *tepok jidat

Nah, disini saya akan sedikit menjelaskan apa itu Google Ads (Adwords) dan Google Adsense, Cara mendaftarkan, dan Perbedaan dari kedua platform milik Google tersebut.

Tentang Google Ads (Adwords)

Google Adwords atau lebih dikenal dengan Google Ads adalah sebuah platform iklan online yang dikembangkan oleh Google, dimana pengiklan akan membayar ke Google untuk menampilkan iklan singkat. Iklan tersebut biasanya berbentuk banner yang terdapat didalam suatu blog, iklan yang berbentuk video (biasanya iklan ini tampil di Youtube), dan bisa juga keduanya tampil di Aplikasi seluler.

Baca juga: Cara Menyimpan Hasil Terjemahan Dokumen Google Translate

Google Ads biasanya digunakan untuk mengembangkan bisnis dari perseorangan atau perusahaan secara online. Jika anda ingin mengenalkan produk anda atau ingin mengembangkan usaha anda, maka beriklan di Google Ads merupakan salah satu pilihan terbaik.

Untuk beriklan di Google Ads, salah satu yang perlu diketahui adalah keyword atau kata kunci. Dengan menggunakan kata kunci yang bagus, maka jangkauan dari target anda akan semakin bagus juga.

Pelanggan akan mencari kata kunci yang sesuai dengan produk yang anda tawarkan. Misalnya, anda menjual parfum kasturi di daerah bandung, maka kata kunci yang relevan adalah “Jual parfum kasturi di Bandung“. Ini salah satu contoh keyword untuk beriklan di Google Ads.

Ketika calon pengunjungmu mengetikkan keyword di Google “Parfum kasturi bandung”, maka Google akan mencocokkan keyword tersebut dengan keyword yang sudah anda buat sebelumya, sehingga, calon pengunjung tersebut bisa menemukan toko milik anda lebih mudah atau situs web lain dengan konten yang terkait.

Beriklan di Google Ads tentunya tidak gratis, anda harus membayar sejumlah uang agar iklan anda bisa tayang di web atau aplikasi mobile milik pengguna adsense. Bayaran akan ditarik ketika pengunjung cukup tertarik untuk mengklik iklan anda.

Google Adsense

Google Adsense adalah platfrom untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari Google. Adsense bekerja dengan cara menampilkan iklan pada blog anda. Iklan tersebut datang dari Pengiklan yang sudah mempromosikan produk mereka di Google Ads.

Karena pengiklan membayar tersebut membayar iklan dengan berbagai harga yang berbeda-beda, maka pendapatan yang diperoleh juga akan berbeda-beda.

√Perbedaan Google Ads (Adwords) dan Google Adsense

Untuk lebih jelasnya, berikut cara kerja Adsense:

  • Anda menyediakan ruang iklan:
    Anda menyediakan ruang iklan dengan menempelkan kode iklan di situs (kode tersebut bisa didapatkan setelah mendaftar di Google Adsense) dan memilih tempat yang anda inginkan untuk menampilkan iklan. Memilih opsi iklan otomatis akan lebih memudahkan anda.
  • Iklan dengan bayaran paling tinggi akan muncul di situs anda:
    Pengiklan melakukan bid dalam lelang real-time agar iklannya ditampilkan di ruang iklan anda. Iklan dengan bayaran paling tinggi akan ditampilkan di situs anda.
  • Anda dibayar:
    Pembayaran akan didapatkan setelah pengunjung dari situs anda mengklik iklan yang tampil pada situs anda. Pembayaran per klik (CPC) berbeda-beda, terkadang ada yang dapat tinggi, terkadang juga ada yang dapat rendah. (Sumber tulisan: Google Adsense)

Google Adsense juga memiliki kebijakan tersendiri. Ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan oleh anda, dan jika anda melanggar ketentuan tersebut, hukuman dari Google akan datang padamu. Hukuman yang paling berat adalah, banned akun Google Adsense. Jika ini terjadi, maka anda sama sekali tidak akan pernah merasakan kenikmatan Google Adsense.

Baca juga: Lebih Banyak Tahu, Jenis-jenis Layar Pada Smartphone

Perbedaan Google Ads dan Google Adsense

Jika kalian sudah membaca artikel diatas secara teliti, kalian pasti sudah menemukan dimana letak perbedaan kedua paltform ini. Tapi, yasudah deh, saya akan menjelaskan secara singkat perbedaannya

Google Ads: Kalian buat iklan, trus kalian membayar Google untuk menanyangkan iklan tesebut blog atau aplikasi pengguna Google Adsense.
Google Adsense: Blog atau aplikasi kalian dapat iklan, trus Google membayar kalian untuk menayangkan iklan dari pengguna Google Ads.

Gimana, udah paham? mau yang lebih singkat? Lanjooot.
Google Ads: Mengeluarkan uang
Google Adsense: Mendapatkan uang.

Baca juga: Keuntungan Menggunakan Google Ads (Adwords)

Sekian dulu pembahasan yang saya sampaikan, semoga artikel ini dapat membantu sobat sekalian.
Terimakasih telah membaca tulisan saya, semoga kedepannya bisa lebih baik lagi.

Default image
Aziz Batubara
Seorang yang belajar menjadi Web Developer, Android Developer, SEO, dan Blogger
Leave a Reply