Tips Bermain Mobile Legends Untuk Pemula Terbaru

Tips Bermain Mobile Legends Untuk Pemula – Halo sobat kumplus, kali ini saya akan berbagi “tips bermain mobile legends untuk pemula” sampe yang hampir pro. Untuk yang sudah Pro, hamba mohon izin berbagi sedikit pengalaman untuk para newbie, suhu *sungkem.

Mobile Legends adalah Game yang berjenis MOBA yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Moonton. Pada awal perilisan game ini, banyak terjadi masalah, dan yang paling menghebohkan adalah kasus plagiat dari game League Of Legends. Namun, lama kelamaan game ini semakin popular di Asia, tepatnya Asia bagian tenggara. Indonesia adalah salah satu penyumbang player terbanyak di game ini.

Karna seiring bertambahnya hari, Mobile Legends semakin popular, sehingga banyak orang yang tertarik untuk memainkannya, mulai dari anak kecil hingga orang tua. Semakin lama dimainkan, semakin candu kita memainkannya.

Baca juga: Cara Mendaftarkan Website Di Histats

Karna banyaknya pemain baru di Game ini, terkadang mereka yang sudah mahir cukup terganggu dengan pola atau cara bermain pemain baru, benarkan? Sama halnya dengan saya juga. Yang namanya pemain baru, jelas tidak bisa disalahkan, namun mereka juga tidak benar, harusnya mereka sadar, karna mereka pemain baru, sebaiknya mereka lebih banyak melihat cara bermain orang lain, baik di Youtube atau belajar di blog.

Nah, disini saya akan menjelaskan beberapa tips yang dapat kalian gunakan untuk lebih mahir dalam bermain Mobile Legends, sehingga untuk mencapai Tier yang lebih tinggi, akan lebih mudah.

1. Niat Bermain

Dalam melakukan apapun, terlebih dahulu dimulai dengan niat. Tanamkan dalam diri keinginan untuk bisa dan menang saat bermain Mobile Legend. Jika niat saja tak punya, bagaimana mau main? Seseorang yang tidak sungguh-sungguh, tidak akan mendapatkan apa-apa.

Secara ringkas, tanpa ada niat, kalian akan hanya jadi beban dan sampah di dalam team.

2. Percaya Pada Team

Percaya pada Team merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan kemenangan. Ketika suatu team terpecah belah, tidak saling percaya, egois, maka harapan kemenangan akan semakin jauh, bahkan tidak mungkin lagi.

Ke-egois-an dapat dilihat saat awal mulainya battle, untuk para pemula seringkali hanya memilih hero berdasarkan kekuatan tempur, hingga Marksman (MM) sering menjadi rebutan. Ini jelas salah, karna setiap team membutuhkan semua jenis hero, agar kekuatan tempur team semakin lengkap.

Ketika hal itu terjadi, maka kamu harus mengalah, pilihlah hero yang bisa melengkapi team, dan buatlah kemenangan. Keegoisan hanya akan membawa kekalahan.

3. Pelajari Semua Jenis Hero, Jangan Terlalu Fokus Pada Satu Hero

Sebenarnya tidak masalah sih jika hanya fokus pada satu hero, itu baik jika hero tersebut tidak dipilih lawan / kawan terlebih dahulu. Coba bayangkan, ketika kamu hanya bisa menggunakan Layla (Marksman / MM), kemudian hero tersebut dipilih oleh kawan satu team, trus kamu mau menggunakan hero apa lagi? Okelah jika yang lain tidak memakai hero yang kamu gunakan, bagaimana jika lawan yang memilihnya terlebih dahulu?

Di system Draft Pick (Untuk Tier Epic-Mythic), setiap player akan bergantian memilih dan membanned sebuah hero. Di draft pick, hero yang sama tidak dapat digunakan.

Baca juga: Cara Menyimpan Hasil Terjemahan Dokumen Google Translate

Maka dari itu pelajari setiap hero, agar kemampuanmu bisa meningkat dan membawa kemenangan untuk Team.

4. Jangan Fokus Pada Satu Lane

Pada awal mulainya Battle, kita memang difokuskan untuk menjaga satu Lane. Namun ketika berada di menit ke-3, setiap Lane harus bisa bergantian Lane, untuk menjaga keseimbangan permainan. Setiap Lane harus paham kapan pergi dan menjaga Lane.

5. Ketahui Tugas Tiap Lane

Tips Bermain Mobile Legends Untuk Pemula Terbaru

  • Fighter / Assasin berada di atas (Top Lane). Fighter / Assasin lebih bagus jika bisa sendirian menjaga lane atas, terutama menjaga Klomang (Creep) agar tidak diambil musuh. Sehingga saat Lane tengah (Mid) sudah selesai Farming, creep bisa dimabil oleh hero yang berjaga di Lane tengah.

    Ketika Hero Assasin berada di atas lane, dia akan lebih mudah mengambill buff biru, sehingga bisa bergerak lebih cepat menjaga lane atas. Namun sejatinya, Assasin tidak bertugas menjaga lane, ia bertugas menghabisi lane lawan.

  • Marksman / Mage dan Tank berada di tengah (Mid Lane). Hero yang berada di lane tengah adalah hero yang bisa dengan cepat membersihkan minion. Kenapa harus begitu? Jika minion cepat dibersihkan, maka lane tengah bisa roaming untuk mebantu lane lain, dan bisa farming lebih cepat daripada hero lawan.

    Trus, knapa tank harus di Mid Lane? Itu bertujuan untuk menjaga MM atau Mage yang berada di Mid. MM dan Mage Memliki darah (HP) yang tipis, sehingga sangat rawan mati terlebih dahulu. Ketika Gold dan Level hero Mid Lane lebih sedikit dari hero lawan, maka kemenangan akan sangat sulit didapatkan, karna Hero Mid Lane adalah Core dalam team, jika Core lemah, maka team akan lemah juga. Maka dari itu, tank bertugas menjaga mereka agar tidak mudah mati.

  • MM / Mage dan Tank. Di Lane bawah, sebenarnya bisa siapa saja, Hero di Lane bawah bertugas seperti halnya Lane atas. Ketika Creep sudah didapatkan, hero Lane Bawah bisa roaming ke tengah dan atas untuk membantu Fighter yang solo menjaga Lane.

6. Farming Lebih Penting Untuk Hero Core

Hero Core itu apa sih? Hero corre itu adalah hero yang damagenya tinggi. Biasanya hero Core itu MM, Mage dan Assasin. Untuk bisa menyempurnakan tugas dari kedua jenis hero ini, maka diawal game diwajibkan farming untuk mereka. Seperti yang dijelaskan di atas, ketika hero core lemah, maka team juga akan menjadi lemah.

7. Pilih Build / Item Yang Sesuai

Tips Bermain Mobile Legends Untuk Pemula Terbaru

Nah ini nih yang jarang diketahui oleh para newbie, termasuk saya dulu. Pertama kali main juga saya asal-asalan beli item, saya make MM tapi malah beli build Mage. Saat membeli item, sesuaikanlah sama jenis hero yang digunakan, seperti Tank yang menggunakan item Defends. Mage yang menggunakan item Magic, dan Physical yang menggunakan item attack.

8. Perbaiki Embelem Yang Biasa kalian Gunakan

Tips Bermain Mobile Legends Untuk Pemula Terbaru

Jangan pernah berpikiran bahwa emblem tidak ada gunanya sama sekali! Tahu gak, dengan menggunakan emblem yang pas, kemampuan dari sebuah hero bisa lebih maximal.

Contohnya Tank yang menggunakan emblem Tank. Di emblem Tank tadi, terdapat sebuah kemampuan untuk menambahkan HP ketika kita menstun / backup/ knockup lawan. Dengan kemampuan tersebut akan membantu kita untuk memaksimalkan hero Tank yang digunakan dan mampu bertahan lebih lama dalam melindungi Team. Gimana? Masih mengatakan emblem tidak berguna? Pikirkan lagi!

9. Jangan Mudah Menyerah

Pernah dengar sebutan Epic Comeback gak? Ketika kita mengatakan itu, rasanya pasti bahagia sekali kan? Yap, ketika kalian tertinggal jauh dari lawan, jangan menyerah, karna pasti ada jalan untuk mencapai kemenangan. Banyak terjadi kasus dimana suatu team terlalu menganggap remeh team lainnya. Mereka sangat yakin bakal memenangkan pertadingan itu, sehingga mereka bermain-main dengan team lawan. Jika terlalu sombong, sebuah celah akan muncul, dan itulah kesempatan team untuk menghabisi lawan mainnya.

10. Berlatih Terus, Tapi Jangan Lupa Waktu

Tips yang terakhir, ini memang sangat diperlukan, tapi bukan berarti kita harus main setiap saat hingga lupa waktu, jangan! Usahakan bermain maximal 3-4 jam sehari, supaya aktivitas lainnya tidak terganggu

Dengan berlatih terus menerus, kamu akan paham dimana letak kesalahan yang sering kamu perbuat. Dengan berlatih terus menerus, kamu akan paham bagaimana cara bisa membangun team yang solid. Dengan berlatih terus menerus, kamu akan paham bagaimana cara untuk menjadi mahir. Tidak ada yang sia-sia, semua hanya butuh proses.

Semua pemain pro awalnya juga newbie seperti kita, namun bedanya, mereka sudah lebih lama berlatih daripada kita.

Penutup         

Sekian dulu Tips Bermain Mobile Legends yang bisa saya sharing untuk saat ini. Sebenarnya masih banyak tips lain yang bisa saya berikan, namun, saya masih menyusun artikel tersebut. Kendala lainnya, Praktek langsung lebih mudah daripada menjelaskan di tulisan, namun, saya belum punya akun Youtube hehe.

Semoga kedepannya saya bisa memberikan edukasi yang lebih jelas di akun Youtube, doakan saja secepatnya bisa berbagi pengalaman lebih banyak lagi.

Terimakasih

Default image
Aziz Batubara
Seorang yang belajar menjadi Web Developer, Android Developer, SEO, dan Blogger
Leave a Reply